Pemilihan Remaja CERIA Jakarta Timur 2013: The Journey

Beri aku 1000 Orangtua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 Pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Masih tetap membekas di benak kita, bagaimana seorang Ir. Soekarno dengan semangatnya yang membara, memberikan secercah gambaran, bagaimana Pemuda sangatlah diharapkan menjadi tombak kemajuan bangsanya. Tentunya, semangat ini tak boleh padam dan harus terus menyala. Karena itu, tahun ini Kota Administrasi Jakarta Timur telah menyelenggarakan kembali satu acara yang menjadi angin segar untuk regenerasi yang lebih baik, pencarian Duta Olahraga dan Pemuda, Remaja CERIA Jakarta Timur 2013.

Mulai dari awal tahun 2013, Panitia Pelaksana telah dibentuk untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam acara. Dibawah bimbingan dan arahan UPT Gelanggang Remaja Jakarta Timur, serta Ikatan Remaja CERIA Jakarta Timur yang diketuai oleh Gagan Ramdhani Sumawijaya, Panitia Pelaksana bergerak semaksimal mungkin. Pada awal Maret 2013, telah dilaksanakan Sosialisasi/Roadshow  ke berbagai Institusi Pendidikan di wilayah Jakarta Timur, seperti SMAN 39 Jakarta, SMAN 106 Jakarta, SMA PB Soedirman, SMAN 88 Jakarta, dsb. Hal ini dilakukan guna menyebarkan info yang lebih lengkap mengenai Audisi, agar para calon peserta pun dapat sharing  dan menanyakan langsung mengenai proses acara, ataupun pengalaman para Purna.

Akhirnya pada 27 April 2013, bertempat di Auditorium Gd. Kolam Renang Gelanggang Remaja Jakarta Timur, Audisi digelar. Sebanyak 300++ Peserta mengikuti tahap Audisi I.

Image

Suasana Persiapan Peserta Audisi

Image

Suasana Audisi Semifinalis

Image

Suasana Audisi Semifinalis

Pada akhirnya, terpilihlah 60 Besar Semifinalis yang akan melaju ke Audisi tahap II.

Image

Peserta Putri yang melaju ke tahap Audisi Finalis

Image

Peserta Putra yang melaju ke tahap Audisi Finalis

Pada tahap II, untuk mencari 30 Besar Finalis tentu dibutuhkan penilaian khusus oleh Dewan Juri yang sudah berkompeten di bidangnya. Adapun Bona Sardo, yang sudah kita kenal wajahnya dalam ajang Indonesian Idol, Sarjana Ilmu Psikologi UI yang menjurikan bidang Psikologi dan Kepribadian. Selain itu ada Diska Dewi, Putri Pariwisata Indonesia Berbakat 2011, menjurikan bidang Bakat & Penampilan. Reinhard Reydolf Sirait, Purna RCJT yang adalah seorang Presenter di TVRI dan Metro TV, menjurikan bidang  Kepemudaan & Organisasi. Turut hadir pula Joddy Salahuddin Akbar, Abang Jakarta 2010, berprestasi di berbagai kompetisi mancanegara, yang menjurikan bidang Wawasan & Pengetahuan Umum, dan yang terakhir, Shinta Safira, Runner Up II Miss Indonesia 2013 yang menjurikan bidang Kemampuan Retorika dan Berbahasa. 

Image

Jajaran Juri Audisi Finalis

Akhirnya, terpilihlah 30 Besar Finalis Pemilihan Remaja CERIA Jakarta Timur 2013 yang akan memberikan yang terbaik selama kurang lebih satu bulan masa Pelatihan yang sebagian besar kegiatannya bertempat di Sekretariat Remaja CERIA Jakarta Timur, GOR Otista. Terdapat beberapa sesi Penjurian yang harus mereka lalui selama masa Pelatihan, yaitu:

Penjurian Best Photogenic

Bertempat di Anjungan Papua, Taman Mini Indonesia Indah, 30 Besar Finalis melewatkan akhir pekan pertama mereka sebagai Finalis untuk melakukan sesi Pemotretan sebagai dokumentasi penyelenggaraan, sekaligus penjurian Best Photogenic.

Image

Snapshot Kegiatan Pemotretan

Image

        – Penjurian Best Catwalk

Setelah mendapatkan Pelatihan intensif mengenai cara berjalan, grooming,  dan tentunya catwalk yang benar, tibalah saatnya Penjurian ini dilakukan. Tidak tanggung-tanggung, kali ini ke-30 Besar Finalis dijurikan oleh Dayan Lang,  seorang Koreografer Catwalk yang karya dan arahannya sudah malang melintang di dunia Fashion dan perhelatan akbar di Indonesia. Mendampingi Dayan Lang, sesi ini pun dijurikan juga oleh Karina Nandia Saputri, The Best Catwalk RCJT 2009 yang juga seorang Miss Indonesia-DKI Jakarta 2013, dan Royan Ramadhan, Purna RCJT sekaligus Koreografer Catwalk pada penyelenggaraan acara tahun ini.

Image

Suasana Penjurian Best Catwalk

– Penilaian Presentasi Makalah

30 Besar Finalis bukan hanya cakap soal Penampilan, lenggak-lenggok diatas Panggung, tetapi salah satu fakto yang paling penting tentu adalah wawasan pengetahuan dan kecakapan mereka dalam membawakan suatu topik makalah, serta pemecahan masalah atau konklusi yang sesuai.

Agenda tersebut hanyalah sekelumit bagian dari betapa padatnya perjalanan 30 Besar Finalis yang akan membawa mereka menuju segudang pengalaman menyenangkan yang tidak pernah mereka dapat sebelumnya. Adapun agenda lain yang tak kalah serunya seperti Kunjungan ke Kedutaan Besar Jepang, Teeth Scalling persembahan Klinik Gigi Senyum Ceria, dan beberapa hari sebelum Malam Penganugerahan digelar, 30 Besar Finalis mendapatkan kesempatan berharga untuk bertemu langsung dan berbincang serta dukungan dari Walikota Administrasi Jakarta Timur, melalui sesi Audiensi.

Image

Audiensi bersama Bpk. HR. Krisdianto, M.Si selaku Walikota Administrasi Jakarta Timur

Tinggal menghitung hari menuju Malam Penganugerahan, kami tahu 30 Besar Finalis mungkin saja penat dengan kesibukannya, karena itu, terlaksanalah sesi Karantina dan Malam Keakraban.

Image

Selama 3 hari 2 malam, bertempat di salah satu Griya Penginapan bilangan Depok, Jawa Barat, 30 Besar Finalis bisa refreshing sejenak di tempat yang nyaman sambil melancarkan segala materi yang dipersiapkan untuk Malam Penganugerahan. Sesi Pelatihan tetap terlaksana, namun di tempat yang nyaman dan santai.

ImageImage

Pada hari kedua, Panitia Pelaksana telah menyiapkan sebuah permainan adventure di lahan Griya Penginapan seluas 3 hektar, dibagi menjadi Pos-pos yang harus dilalui oleh kelompok-kelompok Finalis. Tentunya, Amazing Race kali ini juga menuntut sportivitas, mental berpikir cepat, serta jiwa kepemimpinan dari para Finalis. Lihatlah keseruannya!

ImageImageImageImageImage

Setelah Karantina & Malam Keakraban, hari yang dinanti pun telah tiba. 5 Juni 2013, bertempat di Gelanggang Olahraga Pulogadung, Jakarta Timur, ratusan supporter datang memenuhi tribun supporter dengan riuh gemuruh meneriakkan dukungan mereka di Malam Penganugerahan Remaja CERIA Jakarta Timur 2013.

Inilah cuplikan momen-momennya!

ImageImageImageImage

 

DSC_0529

Pada akhirnya, terpilihlah 8 Pasang Pemenang di malam itu, yang selengkapnya ada di tulisan selanjutnya.

Inilah akhir sekaligus awal yang baru untuk regenerasi Duta Olahraga dan Pemuda Kota Administrasi Jakarta Timur 2013. Doakan selalu, agar kami terus dapat mengemban amanat, bersinergi, dan menghasilkan sesuatu yang bukan hanya berguna bagi diri sendiri, masyarakat sekitar, namun juga bagi negeri.

Sampai bertemu untaian kata selanjutnya.

Remaja CERIA Jakarta Timur,

WE ARE SHINING LIKE A STAR!

About @RCjaktim

Remaja ceria Jakarta Timur berdiri pada tahun 2004 dan dengan moto " We are Shining Like a Star" pada tanggal 15 Oktober 2009 menjadi hari berdirinya Badan Pengurus Harian IKATAN RCJT. Sebagai Organisasi kepemudaan yang sekaligus menjadi Duta Pemuda dan Olahraga kami senantiasa menghasilkan pemuda - pemudi yang berpotensi melalui Pemilihan Remaja Ceria Jakarta Timur disetiap tahunnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s